Posted by Berkah Catering
Katering adalah jenis penyelenggaraan makanan yang tempat memasak makanan berbeda dengan tempat menghidangkan makanan. Bentuk penyelenggaraan makanan seperti ini bersifat komersial. Makanan jadi diangkut ke tempat lain untuk dihidangkan, misalnya ke tempat penyelenggaraan pesta, jamuan makan, rapat, pertemuan, kantin, atau kafetaria pada pusat industri. Perkembangan katering yang ada tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas layanan yang ditawarkan, namun ada beberapa hal selain itu yang dapat mempengaruhi bagaimana katering untuk keperluan pesta tersebut dapat digemari oleh konsumennya.
Katering untuk keperluan pesta yang ada harus dapat mengkatagorikan konsumen yang dituju, sehingga
katering untuk keperluan pesta tersebut dapat berfokus pada jenis konsumen tersebut. Selain itu perkembangan
katering juga didukung dengan adanya faktor eksternal seperti perubahan demografis, perubahan sosial, dan perubahan perekonomian Hasil sigi awal terhadap Perilaku Konsumen jasa
katering untuk keperluan pesta di Surabaya menunjukkan terdapat berbagai macam perilaku yang berbeda pada setiap responden. Perilaku tersebut mulai dari jenis jasa yang sering digunakan, alasan utama, pihak yang mempengaruhi, kapan menggunakan jasa katering, katering yang sering digunakan, sumber informasi, frekuensi menggunakan, dan tanggapan setelah menggunakan.
Berkut ini merupakan hasil penelitian tentang Analisis Perilaku Konsumen
Jasa Katering Untuk Keperluan Pesta di
Surabaya, dinilai dari dua sudut pandang
Berdasarkan jenis kelamin
Responden dengan jenis kelamin laki – laki terbanyak menggunakan jasa menu
prasmanan, begitupula responden dengan jenis kelamin perempuan. Responden dengan jenis kelamin laki – laki dan perempuan memilih alasan utama memakai jasa katering dikarenakan praktis. Pihak yang mempengaruhi responden laki – laki mayoritas dipengaruhi oleh pasangan hidup, sedangkan responden perempuan lebih dipengaruhi oleh teman.
Berdasarkan pada usia
Responden dengan usia 23-28 tahun memilih menu
nasi kotak, dengan alasan utama efisiensi waktu dan praktis. Sedangkan pihak yang mempengaruhi responden mayoritas adalah teman, dan sering menggunakan
jasa katering pada saat syukuran, dan pihak responden sering mendapatkan informasinya melalui teman. Responden menggunakan jasa katering mayoritas sebanyak 1 – 2 kali pertahun, dan responden merasa puas dikarenakan sesuai dengan keinginan
Pengusaha
jasa katering harus dapat selalu menjaga kualitas dari pelayanannya, hal ini diharapkan untuk memberi kesan baik terhadap konsumen dan konsumen yang bersangkutan akan merekomendasikan katering tersebut terhadapt teman – temannya. Rata – rata konsumen yang menggunakan jasa katering sekitar 1-2 kali pertahun harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pihak katering. Diharapkan frekuensi konsumen menggunakan jasa katering untuk keperluan pesta selalu memberikan rasa puas. Hal tersebut sesuai dengan tujuan untuk memaksimalkan kepuasan konsumen, dengan harapan mendapatkan pengaruh timbal balik dari kepuasan yang dirasakan tersebut.
Berkah Catering
Catering & Nasi Kotak Surabaya
Related Link :
Catering Surabaya |
Catering Sidoarjo |
Catering Mojokerto |
Catering Malang
ADS HERE !!!