Betapa pun kecilnya
usaha katering Anda, bila ingin berhasil,
pengetahuan manajemen pemasaran, tetap perlu. Setidaknya yang paling
mendasar, sehingga Anda benar-benar memahami karakter produk dan
pelanggan Anda. Hingga bisa lebih mudah meningkatkan daya saingnya dan
mencari terobosan pemasaran.
Menurut teori pemasaran
konvensional, keberhasilan pemasaran suatu produk sangat ditentukan oleh
4P, yakni 1) product (seberapa besar daya tarik produk itu sendiri?),
2) price (harganya cukup bersaing?), 3) place (bagaimana kemudahan untuk
mendapatkan?) promotion (sudah seberapa jauh upaya mengenalkannya
kepada calon konsumen?). keempat faktor penentu tersebut sesungguhnya
bisa Anda kontrol dan kendalikan.
Product dalam hal ini
menyangkut segala hal yang berkaitan dengan makanan yang disajikan.
Dalam katering aspek gizi makanan lainnya bisa diabaikan, dan aspek seni
olah boga lebih diutamakan. Mutu dan komposisi menu merupakan kekuatan.
Perhatikan kombinasi makanan, cita rasa masakan/olahan, bahan, warna,
dan teksturnya.
Siapkan set menu secara lengkap, dari
sajian pembuka hingga penutup. Masing-masing dengan cita rasa yang tidak
seragam, agar tidak membosankan. Hindari menyajikan hidanan penutup
serba puding, misalnya, sekali pun penampilannya cantik dan rasanya
lezat. Pasti lebih menambah minat jika sebagian saja puding yang
disajikan, dikombinasikan dengan bandrek rumput laut, es puter kelapa
muda, dan irisan buah segar, misalnya.
Selain lezat,
penampilan hidangan juga mesti menarik. Cara memotong, mengolah, dan
menyajikannya (baik penataan, garnis atau hiasan, maupun wadahnya) harus
diperhatikan. Agaknya sedikit ilmu pengolahan bahan makanan diperlukan
agar setiap sayuran pendamping bistik, misalnya, warnanya bisa cemerlang
dan menantang nafsu makan. Atau, upayakan agar sajikan ikan asam manis,
misalnya, tidak sampai membuat peminatnya kerepotan memisahkan daging
ikan dari tulangnya.
Penetapan harga (price) merupakan
kunci lain keberhasilan
katering. Harga yang bersaing memang tidak harus
berarti murah, tapi jika Anda belum yakin betul dengan ukuran kocek
calon pelanggan Anda lebih baik tidak memasang harga jauh di atas
katering pesaing yang setaraf. Kecuali jika Anda yakin bisa memberikan
kompensasi lain kepada pelanggan, khusus jaminan atas mutu makanan dan
layanan Anda.
Harga dasar produk katering haruslah dapat
menutup biaya atas seluruh komponen produksi yang meliputi biaya tetap
dan biaya tidak tetap. Selisih antara harga yang ditawarkan kepada
pelanggan dengan harga dasar merupakan besaran laba yang diharapkan.
Sekalipun kelihatannya mudah, diperlukan keterampilan untuk menetapkan
harga jual yang pas, agar bisa memberikan laba yang cukup tanpa membuat
pelanggan mundur.
Namun hindari menetapkan harga
serendah-rendahnya, dengan harapan katering Anda akan lebih laku
(kecuali jika hanya untuk waktu tertentu selama masa promosi). Lonjakan
penjualan dengan harga yang sangat rendah belum tentu dapat mendongkrak
total laba, karena biaya untuk meningkatkan volume penjualan bisa lebih
besar daripada penghematan biaya produksi. Akibat lain, perang harga
macam ini berdampak merusak harga pasar dan berbalik merugikan harga
produk katering, lantaran harga jadi sulit dikontrol.
Untuk
menetapkan harga jual memang tidak mudah, karena berkait dengan banyak
faktor lain di luar kontrol Anda. Seperti harga atas hidangan serupa
milik pengusaha katering pesaing, gencar tidaknya promosi yang
dilancarkan pesaing, daya beli pelanggan Anda, dan sebagainya.
Namun ada pendekatan sederhana, sekalipun ini tidak bisa diterapkan secara umum, yakni tentukan formula atau rumusnya.
Sebagai
contoh, suatu perusahaan katering menetapkan harga jualnya dengan cara
melipat gandakan biaya tidak tetap empat kalinya. Dengan harapan 1/4
dari harga tersebut bisa menutup gaji pegawai, 1/4 lagi untuk menutup
seluruh pengeluaran di luar gaji, dan 1/2 dari harga jual tersebut
sebagai laba. Biaya tidak tetap didapatkan dengan menjumlahkan seluruh
pengeluaran nyata, yang besarnya berubah-ubah bergantung pada besar
kecilnya pesanan katering. Seperti biaya pembelian bahan makanan,
kemasan, BBM, ongkos transportasi dan sebagainya.
Selain
harga jual, kemudahan pembayaran pun merupakan faktor harga yang
memberikan daya tarik bagi calon pelanggan. Buatlah agar pelanggan tidak
merasa terbebani dengan besarnya uang muka tanda jadi dan pemotongan
atas pembatlan pesanan. Faktor harga yang juga bisa menarik pelanggan
adalah dengan menetapkan harga istimewa untuk pemesanan dalam jumlah
tertentu atau memberikan potongan harga.
Kemudahan bagi
pelanggan untuk mencapai atau menemukan perusahaan katering Anda (place)
juga penting. Hal ini tidak selalu berarti kemudahan secara fisik,
seperti jaraknya dekat, lokasinya di pusat kota, mudah dijangkau. Namun
kemudahan akses komunikasinya pun sama pentingnya, yakni apakah
perusahaan katering Anda mudah dihubungi, misalnya lewat telepon,
faksimili, radio panggil, bahkan mungkin internet.
Yang
terakhir adalah kegigihan Anda memperkenalkan diri kepada calon
pelanggan (promotion), baik secara langsung maupun tidak langsung.
Promosi langsung bisa dilakukan dengan beriklan di media massa seperti
koran, majalah, radio, ataupun Buku Kuning Telkom, memasang papan nama,
dan mengedarkan selebaran. Promosi tak langsung bisa ditempuh dengan
menawarkan kerja sama dengan gedung pesta, perias pengantin, pemborong
acara pesta, lembaga/ kantor pemerintah maupun swasta, ataupun
perorangan dengan komisi sejumlah tertentu. Memberikan potongan harga
kepada pelanggan merupakan saah satu strategi promosi tak langsung.
Berkah Catering
Wedding catering &
Nasi Kotak di surabaya
Related Link : Catering Surabaya | Catering Sidoarjo | Catering Mojokerto | Catering Malang | Nasi Kotak | Sewa Alat Catering | wedding organizer surabaya | Foto Prewedding